Penangkapan dan Penyimpanan Karbon oleh PHE Jadi Solusi Terobosan untuk Industri Energi

Subholding Upstream Pertamina, PT Pertamina Hulu Energi (PHE) sedang menggali peluang bisnis baru melalui teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS dan CCUS). Langkah ini sejalan dengan komitmen pemerintah Indonesia untuk mencapai Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060.

Corporate Secretary PHE, Arya Dwi Paramita menyatakan bahwa dekarbonisasi bisnis menjadi fokus utama Pertamina dalam mengimplementasikan efisiensi energi dan mengurangi kerugian.

“Dekarbonisasi bisnis ini adalah salah satu langkah strategis untuk mewujudkan visi dekarbonisasi di sektor energi,” ujar Arya dalam webinar DETalk yang berlangsung pada Selasa (11/6/2024).

Pada tahun 2023, PHE dan Pertamina Power Indonesia (PPI) telah menandatangani kesepakatan untuk transaksi kredit karbon (carbon credit transaction). Arya menekankan pentingnya tidak hanya mengidentifikasi masalah karbon, tetapi juga mencari solusi untuk menguranginya, dengan CCS menjadi salah satu solusi utama yang sedang diteliti di Jatibarang, Jawa Barat.

Lebih lanjut, PHE bersama ExxonMobil menjalin kemitraan untuk pengembangan model komersial CCS/CCUS di wilayah kerja PHE Offshore South East Sumatera (PHE OSES). Melalui proyek Asri Basin CCS Hub, mereka berpotensi menyimpan karbon dioksida (CO2) baik untuk kebutuhan domestik maupun internasional, menjadikan ini sebagai peluang bisnis baru dalam dekarbonisasi di Asia Tenggara.

Kerja sama ini disepakati dalam Indonesia Petroleum Association Convention and Exhibition (IPA CONVEX) ke-48 di BSD City, Mei 2024 lalu, sebagai langkah strategis untuk mendukung upaya global dalam mengurangi emisi karbon dan mengelola dampak perubahan iklim secara berkelanjutan.

Dengan demikian, langkah-langkah strategis PHE dalam mengadopsi teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon (CCS/CCUS) bukan hanya berkontribusi pada peningkatan daya saing industri energi nasional, tetapi juga mengukuhkan posisi Indonesia dalam menjawab tantangan global terkait perubahan iklim.

Demikian informasi seputar peluang bisnis baru penangkapan dan penyimpanan karbon yang digarap oleh Pertamina Hulu Energi. Untuk berita ekonomi, bisnis dan investasi terkini lainnya hanya di Prexer.Org.

Related Posts