Cara Pemerintah Medan Kembangkan Industri Kreatif Daerah

http://prexer.org/wp-content/uploads/2018/09/Cara-Pemerintah-Medan-Kembangkan-Industri-Kreatif-Daerah.pngCara Pemerintah Medan Kembangkan Industri Kreatif Daerah

Komitmen pemerintah kota Medan dalam mengembangkan potensi industri kreatif karena diyakini dapat menyerap banyak tenaga kerja. Pemko Medan menuturkan bahwasannya potensi inudtri kreatif tersebut mampu menekan angka pengangguran yang tinggi.

Begitu juga dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang juga dapat memberikan pemberdayaan kepada industri rumahan yang memang memiliki potensi. Kota Medan telah menyelenggarakan Bazar UKM Kota Medan untuk menampung produk UMKM memasarkan produknya.

Sebanyak 90 pelaku UMKM mengikuti bazar yang akan berlangsung mulai 17 hingga 23 September 2018. Selain Bazar UKM Kota Medan, Pemko Medan juga akan melakukan gelaran yang sama di Jawa Timur. Langkah itu dilakukan dalam upaya untuk mempromosikan produk unggulan industri kreatif di Kota Medan sehingga dikenal dan bersaing dengan produk unggulan dari daerah lain di Indonesia.

Dzulmi Eldin, Walikota Medan mengatakan bahwa Kota Medan juga telah memiliki UKM Centre yang dapat menampung produk-produk dari berbagai kelompok. Kemudian di setiap kecamatan telah dibangun pusat UMKM. Hal tersebut yang nantinya dapat menampung produk unggulan setiap kecamatan yang ada di Kota Medan. Di tambah lagi Pemko Medan telah membuka pusat oleh-oleh khas Kota Medan yang dapat menampung hasil karya industri kreatif Kota Medan.

“Semua ini kita lakukan semata-mata untuk memberikan akses dan ruang bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya. Selain itu Dinas Koperasi dan UMKM juga rutin memberikan berbagai pendidikan dan pelatihan bagi pelaku UMKM yang ada di Kota Medan,” katanya ketika membuka Bazar UKM Kota Medan  2018 di Atrium Lantai I Manhattan Times Square Jalan Gatot Subroto Medan, Senin (17/9/2018).

Eldin berharap agar Bazar UKM Kota Medan 2018 dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM maupun masyarakat Kota Medan. Walikota Meddan tersebut juga berharap demi memajikan industri kreatif kegiatan seperti bazar bisa terus terselenggara dengan cara keberlangsungan.

“Saya sangat  menyambut baik digelarnya event ini. Semoga kegiatan ini dapat menjadi ajang promosi produk-produk unggulan para pelaku UMKM di Kota Medan. Dengan demikian produk asli kota yang kita cintai ini dapat terekspos dengan baik sehingga diketahui dan terkenal ke seluruh nusantara,” pungkasnya.

Author Description

Redaksi

No comments yet.

Join the Conversation