Tanjung Benoa dan Pelabuhan Tanjung Benoa Apakah Sama ?

Jika anda sering mengunjungi Pulau Bali mungkin tidak asing lagi dengan lokasi Tanjung Benoa dan juga Pelabuhan Tanjung Benoa. Namun tahukah anda bahwa keduanya tidak sama bahkan berbeda lokasinya.

Pelabuhan Tanjung Benoa berada lebih dekat dengan Kota, terleta di alan Raya Benoa, desa Pedungan, Kecamatan Denpasar Selatan, Denpasar Bali.

Berbeda dengan Tanjung Benoa yang terletak hampir 14 km dari pelabuhan Tanjung Benoa, Tanjung Benoa sendiri terletak di Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, yang menjadi salah satu pusat wisata bahari atau watersport di Bali.

Perbedaan pertaman terletak di Lokasi, kemudian ada perbedaan kedua yaitu tentang fungsi dan identik kawasan tersebut.

Tanjung Benoa memang terkenal dengan kawasan pusat wisata bahari di Bali, disana terdapat berbagai destinasi yang sangat cocok bagi anda berkunjung di Pulau Bali seperti Tanjung Benoa Beach, Tanjung Benoa, Penagngkaran Penyu dan masih banyak lagi lainnya.

Nah untuk kawasan Pelabuhan Tanjung Benoa memang menjadi salah satu Pelebuhan terbesar di Bali selain Pelabuhan Celukan Bawang.

Kawasan Pelabuhan Tanjung Benoa sendiri sedang dikebut oleh pemerintah sebagai salah satu destinasi masuknya kapal pesiar menuju pulau Bali selain Pelabuhan Celukan Bawang.

Proyek pengembangan Pelabuhan Tanjung Benoa yang menelan biaya hingga 1,7 triliun untuk pembangunan tersebut. Dana itu terdiri dari Rp 500 miliar untuk infrastruktur terminal dan Rp 1,2 triliun untuk pengerjaan kolam dermaga dan alur pelayaran.

Kondisi existing Pelabuhan Benoa saat ini memiliki kedalaman alur minus 8 meter Low Water Spring (LSW) yang hanya bisa mengakomodasi kapal pesiar berukuran kurang dari 210 meter. Nantinya, pembangunan tersebut akan memperdalam kedalaman alur menjadi 12 meter LSW yang mampu dilintasi kapal berukuran lebih dari 300 meter.

Pelabuhan Tanjung Benoa nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas pusat kesenian, pasar suvenir, wisata air, hotel, restoran, convention centre dan segala bentuk fasilitas pendukung pariwisata.

Bahkan digadang-gadang Pelabuhan Tanjung Benoa kana menjadi salah satu pelabuhan internasional kapal pesiar di Indonesia selain Pelabuhan Celukan Bawang.

Pertumbuhan wisatawan yang semakin meningkat melalui jalur laut memang menjadi tantangan bagi Pulau Bali untuk semakin mengembangkan infrastruktur bagi kemudahan wisatawan masuk di Pulau Bali.

 

Author Description

Redaksi

No comments yet.

Join the Conversation